Enter your keyword

post

14 JUNI PERINGATAN HARI DONOR DARAH SEDUNIA : BEGINI SEJARAH LENGKAPNYA

14 JUNI PERINGATAN HARI DONOR DARAH SEDUNIA : BEGINI SEJARAH LENGKAPNYA

Hari ini, 14 Juni menjadi peringatan Hari Donor Darah Sedunia. Tahun ini, World Health Organization (WHO) mengusung tema “Give blood and keep the world beating” dengan tujuan agar masyarakat dunia memiliki kesadaran yang tinggi akan pentingnya kesehatan mendonor darah.

Mendonorkan darah tidak hanya untuk tujuan transfusi saja, tetapi memiliki banyak manfaat untuk kesehatan. Dikutip dari laman ICRC, sumbangan darah dari satu orang dapat menyelamatkan hingga tiga nyawa dan disebut-sebut jika donor tersebut dibutuhkan setiap dua detik. Untuk itu, donor darah bisa menjadi salah satu momen yang tepat untuk menyebarkan kebaikan.

Lantas, bagaimana sejarah Hari Donor Darah Sedunia dan apa saja manfaatnya untuk kesehatan? Simak ulasannya yang dilansir dari laman resmi WHO dan PMI:

Sejarah donor darah sendiri belum diketahui dengan pasti, namun pendonoran darah dimulai dari penelitian seorang ilmuwan bernama Richard Lower. Dikutip dari National today, Ilmuwan tersebut melakukan eksperimen pada binatang dan berhasil melakukan transfusi darah kepada dua anjing. Kemudian pada tahun 1901, seorang ilmuwan bernama Karl Landsteiner membuat klasifikasi mengenai pembagian darah manusia yang disebut sebagai ABO human blood type.

Pada tahun 2000, para menteri kesehatan di seluruh dunia membuat deklarasi dan menetapkan Hari Donor Darah Sedunia diperingati setiap tanggal 14 Juni. Yang mana setiap tahun WHO selalu mengusung tema yang berbeda-beda. Adapun tema ini bertujuan untuk terus meningkatkan kesadaran masyarakat dunia akan pentingnya kesehatan mendonor darah.

3kabupatenbogor #rsudcibinong 3rsudterbaik #rsterbaik

Total Page Visits: 195 - Today Page Visits: 2

Leave a Reply

Your email address will not be published.